Wabup Kapuas Hulu Pimpin Safari Ramadhan di Silat Hilir

Wabup Kapuas Hulu Pimpin Safari Ramadhan di Silat Hilir.

SuaraTribun Kapuas Hulu, Kalbar -- Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memimpin Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu 1442 Hijriah di Masjid Al-Mukarramah, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebelumnya, Wabup Wahyudi terlebih dulu meninjau pembangunan pelabuhan penyeberangan sungai di Desa Perigi Kecamatan Silat Hilir wilayah Kapuas Hulu.

Selanjutnya, rombongan Wabup Wahyudi buka puasa bersama di rumah dinas Camat Silat Hilir, dilanjutkan dengan salat Maghrib dan Isya serta tarawih berjamaah di Masjid Al-Mukarramah, Desa Pangeran, Kecamatan Silat Hilir.

Dalam sambutanya Wabup mengatakan, bulan Ramadhan bukan tentang puasa semata. Melainkan, di dalamnya, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah lainnya.

“Dalam sebuah hadist, Rasullullah pernah bersabda, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, karena Allah membukakan pintu-pintu di langit dan Allah menutup pintu neraka. Hal itu seperti dijelaskan dalam buku panduan lengkap ibadah muslimah karya Syukron Maksum, di halaman 140,” kata Wabup.

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).

Bulan Ramadhan juga merupakan salah satu waktu terbaik umat muslim untuk menghapus dosa dam menambah pahala.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR.Bukhari dan Muslim).

“Dengan demikian, umat Muslim dapat memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya,” jelas Wakil Bupati.

Di kesempatan itu Wakil Bupati juga berpesan kepada seluruh mayarakat Kapuas Hulu khususnya masyarakat Silat Hilir ini, untuk tetap menjalani protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Di akhir kegiatan Wakil Bupati memberikan bantuan secara simbolis untuk Dhuafa, yatim dan piatu serta Mualaf sekaligus menyerahkan bantuan Al-Quran untuk Masjid Al-Mukarramah, Desa Pangeran Kecamatan Silat Hilir. (KO/JH)

Anda mungkin menyukai postingan ini