Diiklankan SuaraTribun

Diiklankan SuaraTribun

Iklan

Iklan

Potret Pengorbanan Ayah yang Selama ini Jarang Kamu Sadari, tapi Mengharukan Sekali

Publisher
5/22/2021, Mei 22, 2021 WIB Last Updated 2021-05-31T20:52:43Z

Baru-baru ini sebuah foto yang memperlihatkan seorang ayah yang mengayuh sepedanya yang sudah reyot mengantarkan sang anak ke sekolah. Anaknya perempuan yang ia bonceng di belakang juga merasa nggak malu meski hanya diantar dengan sepeda tua. Melihat foto tersebut membuat banyak warganet menitikkan air mata dan terharu akan perjuangan dan pengorbanan sang ayah.

Itu hanyalah satu dari sekian potret perjuangan dan pengorbanan sang ayah kepada sang anak. Ia akan melakukan apapun demi anak-anak dan juga istrinya. Meski terlihat sederhana, tapi pengorbanan ayah seperti ini nggak jarang kamu lihat bahkan kamu rasakan sendiri.

1. Saat keinginanmu merantau untuk kuliah begitu kuat, ia mendukungmu meski artinya harus bekerja dua kali lipat

Menuntut ilmu jauh dari rumah seakan menjadi tantangan tersendiri. Apalagi perguruan tinggi yang populer. Rasanya ingin sekali kuliah di sana, meski harus menempuh perjalanan jauh. Ketika kamu mengutarakan keinginan itu, orang tuamu setuju dan mendukungmu.

Tapi banyak di antara kita yang nggak menyadari satu hal. Bahwa terkadang tabungan pendidikanmu nggak sebanyak itu. Tapi orang tuamu lebih mengedepankan keinginanmu, meski artinya mereka harus bekerja lebuh keras, menghemat dua kali lipat, agar pendidikanmu bisa lancar di tanah perantauan.


2. Agar tak membuatmu khawatir, ayah selalu bilang ia baik-baik saja, meski ada penyakit yang disembunyikannya

Sebagai kepala keluarga, ia ingin terlihat tangguh di depan istri dan anak-anaknya. Ayah nggak ingin membuat keluarganya khawatir akan dirinya. Karena ia merasa memiliki tanggung jawab untuk membuat kehidupan keluarganya baik-baik saja. 

Meski terkadang harus berbohong. Ketika ia merasakan sakit, ia nggak ingin hal tersebut membuatmu atau ibumu khawatir. Ia lebih memilih untuk menyembunyikannya dan mengatakan kalau ia baik-baik saja. Pun kalau terlihat, ia hanya bilang sakitnya ringan, besok udah sembuh. Padahal mungkin saja ia menderita karena penyakit itu.

3. Diam-diam ia mencari pinjaman untuk memenuhi keinginanmu yang mau tak mau ingin ia wujudkan

4. Ayah lebih mengutamakan kamu memakai mantel saat hujan, meski ia harus basah kuyup menerobos jalanan

5. Masih menggunakan bajunya yang lusuh dan bolong agar kamu bisa beli baju baru yang kekinian

Sumber:
hipwee.com
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Potret Pengorbanan Ayah yang Selama ini Jarang Kamu Sadari, tapi Mengharukan Sekali

Terkini

Iklan

Close x