Diiklankan SuaraTribun

Diiklankan SuaraTribun

Iklan

Iklan

5 Pelajaran Hidup Dari Kisah Endang Irawan, Driver Gojek Yang Hidupi 126 Santri

Publisher
12/26/2020, Desember 26, 2020 WIB Last Updated 2021-05-29T19:16:23Z

Kebutuhan perut yang tidak bisa ditunda-tunda membuat seseorang terkadang harus melakukan segala macam cara. Berbagai pekerjaan dilakukan demi rupiah, termasuk salah satu contohnya adalah menjadi driver ojek online. Namun, jika para driver ojek biasanya mengais rezeki untuk memenuhi kebutuhan anak dan keluarga, berbeda halnya dengan sosok Endang Irawan.

Pria yang kerap disapa dengan Bang Soplo ini tidak hanya bekerja sebagai driver Gojek demi keluarganya saja, tapi juga untuk menghidupi 126 santriwati yang ia asuh. Dan hebatnya, hal tersebut dilakukan dengan sukarela atas keinginan sendiri. Dari kesederhanaan dan kisah hidup Endang tersebut kita bisa belajar 5 hal berikut ini.

1. Potret kesederhanaan kyai zaman now yang patut dicontoh

2. Biayai anak yatim dengan uang hasil bekerja banting tulang

3. Rela berkorban hingga membelikan pembalut santriwati

4. Kebaikan hati yang ikhlas tanpa meminta balas budi

5. Semangat dan tekad menciptakan santri yang hafal Al-quran 30 juz
Mewujudkan mimpi untuk membuat anak-anak hafal Al-quran memang sebuah tugas berat yang harus diemban, terlebih Nurul Iman bukanlah yayasan yang bisa menggaji guru dari luar. Tak kehabisan akal, Endang menjadikan adiknya sebagai pengurus pondok untuk membantunya mengajar para santri.

Kini, dari keseluruhan 126 santriwati Pondok pesantren Nurul Iman dengan rentan usia 9 hingga 20 tahun, 11 di antaranya sudah menuntaskan hafalan Al-Quran mereka. 6 dari mereka masih tinggal di pondok karena harus membantu santri lain selama tiga bulan, baru setelahnya mendapat ijazah.

Zaman sekarang, orang yang mau berbuat baik tanpa mengharap balas budi memang jarang ditemui. Sosok Endang yang membiayai 126 santrinya bisa jadi inspirasi, jika orang kecilpun bisa berbuat lebih untuk membantu banyak mereka yang membutuhkan. Setiap rezeki memang sudah diatur porsinya masing-masing, tinggal kita menjemput dan bersyukur atas apa yang sudah diperoleh.
Sumber: Boombastis
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5 Pelajaran Hidup Dari Kisah Endang Irawan, Driver Gojek Yang Hidupi 126 Santri

Terkini

Iklan

Close x