-->
Publisher
6 Okt 2017, 10/06/2017 03:58:00 PM WIB
Last Updated 2017-12-12T17:59:34Z
KreatifPermainanTradisional

Jangan Gunakan Peluru Ini Kalau Bermain Senapang Lotop

SEKADAU.COM, KREATIF - Pada hari kami (5/10/2017) jam 14:55, Salah satu akun facebook  mempostingkan sebuah alat pemainan tradisional yang sering dimainkan oleh kalangan anak-anak setingkat SD di Sekadau.

Alat permainan sebut saja sejenis senapang yang memiliki nama yang berbeda-beda untuk daerah masing-masing khususnya di kabupaten Sekadau.

Ada yang menyebut namanya Senapang lotop dan ada pula yang menggelarkan alat permainan tradisional itu Sempotok.

Untuk Pelurunya anak-anak biasanya menggunakan buah jambu air yang masih muda/kecil. Selain itu, ada juga yang menggunakan kertas buku direobek kecil dan dibasah dengan air.

Senapang yang terbuat dari bambu kecil itu memiliki suara layaknya senapang asli, dan jangkauan kejauhan pelurunya sekira 10 meter.

Dikatakan Salah satu orang tua bernama Uju Aeng yang anaknya hobi dengan permainan senapang lotop itu, mengatakan permainan itu sudah lama dari jaman dia masih kecil permianan itu pun sudah ada.

"entah kapan senapang lotop itu bisa ada di kalangan masyarakat, khususnya di daerah Sekadau", tutur Aeng.

Pesan Uju Aeng kepada anak-anak, kalau menggunakan peluru buah jambu pada senapang lotop jangan mengarahkan kepada teman, resikonya kalau kena mata bisa buta.

Lebih baik gunakan peluru kertas yang dibasah saja, karena kalau menggunakan peluru kertas tidak terlalu berisiko pada anak-anak"saran Aeng.

Sambung Aeng, dan syukur dari jaman kami sampai anak saya belum ada yang terluka karena senapang lotop itu", Ungkap Uju Aeng.
Salah seorang anak sedang memainkan senapang lotop tradisional daerah

Penulis: Ery
Editor: Rentha

iklan

Iklan

X

LOKASI MENU1

LOKASI MENU1


LOKASI MENU2

LOKASI MENU2.


LOKASI MENU3

LOKASI MENU3.


Iklan

Iklan